Senin, 20 Februari 2012

Merapi...


Sejak ayah kerjanya dipindah di Jawa, aku sueenengnya bukan main. Selain ongkos mudik berkurang drastic, Faiq bisa sering ketemu eyangnya. Sekarang ortuku udah gak di Kalimantan lagi, tapi dipindah ke Semarang. Semarang-Jogja? Waaahh bukan masalah bgt, cuma 3 jam ini perjalanan daratnya. Biasanya kalo aku, suamiku en Faiq gak ke Semarang, eyangnya yang ke Jogja dan isinya adalah jalan-jalan mulu. Hehehe. Hampir tiap minggu tuh ketemunya. (apa gak seneng emaknya Faiq??) hehehe. Nah aku pingin cerita sekitar akhir tahun kemarin kami jalan ke Merapi. Ayahku seneng banget ama suasana pegunungan, maklum laaah di Kalimantan kagak ada gunung, jadi setelah ngeliat gunung takjub banget. Sama kaya pertama kali aku ke Jogja, ga percaya ngeliat gunung diujung idung gini. Busyet dah gede amat yak gunungnya, dan berkali2 kaya orang dodol motion tuh gunung dari atap kost2an. Back to jalan-jalan, moment jalan-jalan waktu itu adalah yang taaaak terlupakan. Kenapa?????? Karena guweh ketemu Fadli PADI. Hahahahay.. Jarang2 kan nemu artis di plosok gt, udah gt ternyata dia mo konser gretongan (gratisan). Waahh, tambah demen gue mah kalo gt. Sebagai bukti otentik aku yang candu bgt yang beginian gak lupa poto dong. Hahaha. 

Fadli PADI - Faiq - Ummi Dita

Ammah Rana, Faiq, Eyang Uti en Ummi Dita
Abi en Faiq di bekas rumah Mbah Maridjan (alm)












 
Ngomong-ngomong soal merapi nih, aku juga termasuk korban yang sempet ngungsi loh. Hehehe. Sebenernya c gak deket-deket amat ma nih gunung, tapi abunya udah ganggu banget. Waktu itu kan Faiq masih umur blm genap 1 tahun. Jarak rumahku yaa skitar 23km dari puncak merapi lah. Nah status gak boleh deket ama merapinya waktu itu masih di 20km. Tapi suara dentuman en goyangan maut alias gempa lokalnya bikin ngeri. Apalagi setelah ujan pasir, bayangin deh bukan ujan air atw duit (maksud loh?) tapi ujan pasir. Adikku yang kuliah en kost di UII Jalan Kaliurang ngungsi di rumahku pas nyampe rumah udah kaya ketiban semen, abu2 semua. Parah kan. Nah, akhirnya waktu itu kami putusin untuk ikut ngungsi bareng keluarga Om ku. Waktu itu ikut ngungsi gara-gara sekitar 3km dari rumahku ada kali yang udah ngeluap en bau belerangnya nyenget banget. Khawatir abu vulkanik makin kenceng mending ngungsi aja gt. Perasaannya campur aduk, antara panik, takut, en pengen kabur aja deh. Well, akhirnya kami ngungsi ke Kulon Progo tepatnya di daerah Sentolo dengan membawa pakaian seadanya. Huuuu…sedih banget deh pokoknya ngeliatnya. Kasian Faiq masih terlalu imut bwt digotong-gotong gt. Kalo udah gt rasanya haru banget, ternyata begini ya jadi pengungsi. Coz biasanya cuma liat di TV pengungsi-pengungsi yang dievakuasi. Waktu itu sih ga terlalu dramatis yaa, karena kami mengungsi lebih awal dan mencoba gak panic walaupun tuh Merapi udah berkali2 goyang en nyemprot2in awan panas, plus suara gemuruhnya itu loh yang kadang bikin ga bisa bedaain mana petir mana gemuruh Merapi. Nah, sampai di tempat pengungsian kami ditaro di Balai Desa Sentolo Kulon Progo. God! Pingin nyengir eh nangis maksudnya ngeliat tempatnya yang….ohhh kasian baby gue. Tapi ya mw gimana lagi adanya cuma ini, karena sebagian tempat lain udah ditempatin sama rombongan pengungsi lain. Setelah naro-naro barang ternyata kami yang punya anak bayi dikasi tempat sementara di rumah penduduk desa spy lebih layak gt. Dan aku dapet di rumahnya pak camatnya. Waaah, terima kasih Pak Camat. J Hehehe. Tapi ada moment yang mengaharukan waktu kami ngungsi, Faiq pertama kali bisa jalan dikamar anaknya pak Camat tadi. Hehehe. Jadi dibalik duka ada suka, dibalik haru ada bahagia. Yang pasti moment jadi pengungsi ini gak bakal gue lupa, secara rekor gue gak mandi 2 hari 2 malam. Hahahay. 

Faiq di Pengungsian
Dipaksa Ummi pake masker
Cuma pake tisu basah








3 komentar:

  1. sampe segtunya ya km ngungsi???hmm...semoga gak ngrasain lagi ya..

    BalasHapus
  2. aku juga kayak faiq pake masker.. tiap hari aku ganti masker..

    BalasHapus
  3. @banan : hooh.. amiiiin

    @sipit : aku pun.. kasian bgt Faiq wktu itu kumel bin belel

    BalasHapus

I'm fine

 You'll be fine.. You'll be fine.. You'll be fine.. it's time to go.. you don't need to excused or say good bye..