Selasa, 28 Juni 2011

Ya Allah, aku ingin berubah.....

Berubah menjadi lebih baik itu kudu pake niat... Tapi, bukan hanya niat di mulut doang... Niat pake hati... 
Setelah niat selanjutnya adalah kerjakan dan jangan pernah ditunda...
Kalau sudah di kerjakan yang paling utama adalah konsistensi...
Ini yang butuh reminder tiap saat...

Berikut tips Konsisten dalam perubahan :

1. Pahami apa makna dan manfaat kita berubah?
    Jangan-jangan kita sendiri belum paham apa makna dan manfaatnya kita berubah, cari efek positifnya buat diri kita, orang sekitar kita dan yang paling penting untuk orang yang kita cintai. Setelah kita bener-bener paham InsyaAllah apa yang kita yakini untuk berubah akan menjadi pondasi utama utk kita berpijak pada langkah selanjutnya.

2. Gak cuma paham tapi resapilah.
    Resapi tiap moment perubahan kita, bagaimana kita yang dulu dan sekarang. Dan mulailah meng"enjoy"kan diri dengan perubahan itu.

3. Lakukan segera, jangan ditunda!
    Menunda melakukan perubahan adalah sebuah kemunduran. Menundanya adalah satu langkah menuju kesuraman masa lalu. Lakukan! Lakukan segera! Manfaatkan moment apapun untuk melakukan perubahan. Anggaplah kita sedang berkejaran dengan waktu pada sebuah arena lari marathon. Jangan sampai buang waktu untuk melewatkan kesempatan2 berubag itu.

4. Konsisten setelah berubah
   Aku rasa ini memang tahap paling sulit. Tapi, eit jangan anggap ini sebuah tembok besar yang akan menghalangi perubahan kamu. Banyak cara sederhana untuk membangun konsistensi, berikut rangkuman kecil dari saya :

a. Jangan sungkan-sungkan untuk beritahu org dekat kamu kalau niat kamu sungguh2 untuk berubah, karena orang tersayang kita pasti akan menjadi tameng paling depan untuk mengingatkanmu.

b. Pilih lingkungan dan aktivitas yang mendukung, misal kamu niat utk berbuat lebih byk dan berarti utk suami dan anak (curcol jeng... hehehe), maka yang dilakukan adalah kurangi menonton tv terlalu lama atau nimbrung di rumah tetangga gak jelas. Hehehe..

c.Tulis gede-gede motivasi kamu berubah di tembok kamar, di dapur, di wc, dan diii  mana mana.. Norak emang, tapi bagi sebagian org ini efektif lho... Selain dengan tulisan bisa pakai media elektronik, hehehe... alias nge reminder tiap saat di HP kamu, atau propict FB kamu ubah aja dengan kata2 motivasi perubahan, dan satu lagi wallpaper desktop laptop ubah gih dengan kata2 semangat perubahan itu. Norak?? gak juga ah... Orang lain gak bisa kasi kamu jaminan buat merubah hidupmu lebih baik. Ok?

d. Jauhkan barang-barang atau apapun yang bisa menghalangi perubahan kamu.

e. Mulai dari yang simple. 
    Perubahan yang langsung jegleg emang kadang bikin basi, alias sesaat. Cobalah untuk berubah secara bertahap karena itu akan membuat otak dan badan kamu tidak terlalu menolak akan perubahan yang kamu lakukan.

f. Dan yang bener-bener wajib dilakukan adalah berdoa dan mohon petunjuk pada ALLAH SWT. 


Last, semoga perubahan itu membawa kebaikan dan keberkahan. Keep Istiqomah yaaakkk...                                                                 



                                   -saat diri ingin berubah utk lbh baik melayani suami dan anak-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I'm fine

 You'll be fine.. You'll be fine.. You'll be fine.. it's time to go.. you don't need to excused or say good bye..